Sabtu, 30 Mei 2015

Contoh Pembuatan Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Telkom

Tata Cara Penulisan laporan.
1. Bahan dan Ukuran, kertas HVS 70g/m2 ukuran A4 tidak depan belakang.
2. Pengetikan, jenis huruf "Times New Roman" No. font 12, Gunakan "Italic" untuk bahasa asing.
3. Jarak spasi 1,5 cm, tepi atas 3 cm, tepi bawah 3 cm, tepi kiri 4 cm, tepi kanan 3 cm.



PENGGUNAAN NORTON GHOST UNTUK BACKUP DAN RESTORE
PT.TELKOM INDONESIA (WITEL JABAR SELATAN)

LAPORAN
 PENDIDIKAN SISTEM GANDA

Laporan Ini Diajukkan Untuk Memenuhi Sebagian Dari Persyaratan Penyelesaian Pendidikan Sistem Ganda SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi
 Tahun Ajaran 2014 / 2015


Disusun Oleh :
REZA ADRIAN NUGRAHA
NISN: 1314102632
Jurusan Teknik Komputer Jaringan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK TERPADU 1 YASPIDA SUKABUMI
Jl. Parungseah No.43 KM 4 Cipetir Kadudampit Sukabumi Tlp. 0266-6243070




LEMBAR PENGESAHAN

PENGGUNAAN NORTON GHOST UNTUK BACKUP DAN RESTORE
PT.TELKOM INDONESIA ( PLASA SUKABUMI )




Sukabumi, 14 April 2015

Pembimbing DU/DI

Guru Pembimbing



AHMAD SOBARI




ABDULLAH MANSYUR


Mengetahui,


Pimpinan / Kepala Bagian

Kepala Sekolah



PARTA JUARSA




H. Margono, SH.,MM




BERITA ACARA
SIDANG LAPORAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA
SMK TERPADU 1 YASPIDA SUKABUMI
TAHUN AJARAN 2014/2015
Yang bertanda tangan dibawah ini:

1.      Nama                     : _______________    Jabatan             : _______________
2.      Nama                     : _______________    jabatan             : _______________

Pada hari/tanggal _________________________
Telah melakukan pengujian kepada peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi, Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, Tahun Ajaran 2014/2015.

1.      Nama                     : ___________________
2.      NIS                       : ___________________
3.      Program Keahlian : ___________________
4.      Tempat PSG          : ___________________
5.      Hasil Nilai Ujian   : ___________________
6.      Nilai Rata-Rata     : ___________________

Sukabumi, ……………………. 2015

Penguji I

Penguji II


____________



____________


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah atas semua limpahan rahmat dan karunia serta nikmat yang telah diberikan oleh  Allah SWT, dzat yang Maha sempurna dan lagi Maha menyanyangi dalam setiap hembusan dan tarikan nafas hidup ini. Dan tak ada satu pun yang terjadi didunia diluar kehendak-Nya, tak lupa pula shalawat beriring salam marilah kita tutur kan kepada Nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa sinar dalam kehidupan umat manusia, semoga dihari kelak nanti kita semua memperoleh syafaat Nya. Selama melaksanakan kegitan PSG ( Pendidikan Sistem Ganda ) penulis merasa mendapatkan pengalaman baru yang tak ternilai manfaatnya, dan memang benar, semua peristiwa itu ada hikmahnya, dari kegiatan PSG penulis termotivasi untuk terus berusaha, belajar dan terus belajar untuk mengisi dahaga akan ilmu pengetahuan.
Seiiring pelaksanaan kegiatan PSG dan sampai ketahap penulisan laporan, penulis telah banyak dibantu dan dibimbing dari berbagai pihak, maka pada kesempatan kali ini penulis ingin berterima kasih yang sebesarnya kepada :
1.       Bapak Ketua Dewan Pembina dan Ibu Ketua Umum Yayasan Yaspida Sukabumi.
2.       Bapak Kepala Sekolah SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi H. Margono, SH.,MM.
3.       Pembimbing dan Ketua  Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi Bapak Abdullah Mansyur S.pd.
4.       Wali Kelas XI TKJ A SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi.
5.       Bapak dan Ibu Guru yang Telah Memberikan Nasehat dan Saran Sebelun Melakukan PSG dan Seluruh Guru, Karyawan dan Karyawati SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi.
6.       Bapak Parta Juarsa selaku Kepala Ruang ISC. Telkom WITEL Jabar Selatan.
7.       Bapak Ahmad Sobari selaku pembimbing lapangan selama kegiatan PSG.
8.       Seluruh karyawan, karyawati dan security.
9.       Kepada Orang tua penulis yang telah memberikan dukungan moril dan spiritual dan tak henti mendidik penulis dan mendoakan penulis.
10.   Kepada rekan penulis Mirhan Fuadi sebagai rekan selama melaksanakan PSG.
11.   Kepada  teman-teman sejurusan dan orang-orang terdekat penulis yang telah mau memberi banyak masukan dan saran saran yang bermanfaat, dan selalu menasehati penulis, terima kasih atas segala bantuannya.
 Walaupun penulis telah berusaha sebaik mungkin dengan segala kemampuan yang ada, penulis menyadari sebagai manusia biasa bahwa tidak ada yang terlepas dari kesalahan. Untuk itu penulis mengharapkan kritikan dan saran yang membangun dari semua pihak untuk menyempurnakan laporan PSG ini. Akhir kata, penulis berharap laporan ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca,serta menjadi semangat dan motivasi bagi rekan-rekan yang akan melaksanakan PSG. Semoga Allah SWT senantiasa membalas kebaikan yang dilakukan oleh semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.

Sukabumi,14 April 2015


Reza Adrian Nugraha



IDENTITAS PENULIS LAPORAN

Ø  Nama                                         : Reza Adrian Nugraha.
Ø  Tempat Tanggal Lahir               : Sukabumi, 13 Oktober 1997.
Ø  Sekolah                                      : SMK Terpadu 1 Yaspida Sukabumi.
Ø  Program Keahlian                      : TKJ ( Teknik Komputer dan Jaringan )
Ø  NISN                                         : 1314101632.
Ø  Nomor Tlp.                                : -
Ø  Nama Orang Tua                       : 1. Irwan Supriyanto.
                                                     2. Imas Marliah.
Ø  Alamat Orang Tua                     : Jl. RA. Kosasih Ciaul Gg. Uben NO 104.



















DAFTAR ISI

LEMBAR JUDUL LAPORAN
LEMBAR PENGESAHAN
BERITA ACARA
KATA PENGANTAR                                                                                                i
IDENTITAS PENULIS                                                                                  ii
DAFTAR ISI                                                                                                    iii
DAFTAR GAMBAR                                                                                       iv
DAFTAR LAMPIRAN                                                                                   v
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Pelaksanaan PSG                                             1
B.     Tujuan Kegiatan PSG                                                                 1
C.    Manfaat Kegiatan PSG                                                               3
D.    Tempat dan Waktu PSG                                                             3
BAB II GAMBARAN UMUM PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA. TBK
A.    Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk                            4
B.     Visi dan Misi TELKOM                                                              5
C.    Logo PT. Telkom                                                                                     6
D.    Bidang Pekerjaan dan Produk yang dihasilkan                       7
E.     Kedisiplinan                                                                                  11
F.     Struktur Organisasi Telkom WITEL Jabar Selatan                12
BAB III PENGGUNAAN NORTON GHOST UNTUK BACKUP DAN RESTORE
A.    Pengerian Singkat Norton Ghost                                               13
B.     Membuat File Image Ghost (Data Backup)                               14
C.    Restorisasi Menggunakan File Image Ghost                             24
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan                                                                                   33
B.     Saran                                                                                             33
DAFTAR PUSTAKA                                                                                      35
DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Logo TELKOM                                                                            6
Gambar 2. Struktur Organisasi Telkom WITEL Jabar Selatan                 12
Gambar 3. Tampilan Boot Menu                                                                    14
Gambar 4. Menu Hiren’s BootCD 15.2                                                          15
Gambar 5. Tampilan sesudah memasuki Ghost 11.5                                    16
Gambar 6. Tampilan saat memilih Menu                                                      17
Gambar 7. Lokasi Hardisk berisikan Sitem Operasi                                    18
Gambar 8. Lokasi partisi Sistem Operasi                                                       19
Gambar 9. Lokasi penyimpanan File Image Ghost                                      20
Gambar 10. Dialog kompesi File Image Ghost                                              21
Gambar 11. Kotak dialog                                                                                22
Gambar 12. Proses pembuatan berhasil                                                        23
Gambar 13. Tampilan Boot Menu                                                                  24
Gambar 14. Menu Hiren’s BootCD 15.2                                                        25
Gambar 15. Tampilan sesudah memasuki Ghost 11.5                                  26
Gambar 16. Tampilan saat memilih Menu                                                    27
Gambar 17. Lokasi File Image Ghost (Data Backup)                                   28
Gambar 18. Lokasi File Image disimpan                                                       29
Gambar 19. Pilihan destinasi penyimpanan                                                  30
Gambar 20. Posisi partisi Utama                                                                    31
Gambar 21. Kotak dialog proses restorisasi                                                  32



DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran I. Jurnal Kegiatan                                                                          37
Lampiran II. Dokumentasi Kegiatan                                                 40


BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang Pelaksanaan PSG
            Menjadikan SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan, berupaya mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), yakni menjadikan manusia seutuhnya yang memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. SMK juga berupaya melaksanakan program-program pendidikan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang tidak saja memahami ilmu pengetahuan dan teknologi akan tetapi juga mampu mempraktekkan serta mengembangkannya baik dalam pendidikan  maupun didalam dunia industri.
            Upaya yang dilakukan SMK dengan  mengadakan suatu program pengalaman yaitu dengan mengirim siswa-siswanya keperusahaan yang relevan dengan jurusan masing-masing yang dinamakan dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Pengalaman Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang dikelompokkan kedalam mata pelajaran bidang studi jurusan SMK. Tujuan dilaksanakannya PSG untuk menambah pengalaman dan sekaligus merupakan wadah pengenalan lingkungan kerja bagi siswa untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Sehingga pada saat memasuki dunia kerja mereka tidak merasa canggung lagi.
            Diakhir pelaksanaan kegiatan PSG, siswa juga diwajibkan untuk menyusun laporan PSG. Laporan tersebut disusun sesuai dengan apa yang mereka peroleh selama PSG atau membahas mengenai perangkat ataupun sistem yang digunakan oleh perusahaan tempat PSG. Pada laporan PSG ini, penulis membahas tentang “Penggunaan Norton Ghost Untuk Backup dan Restore“.

B.                  Tujuan Kegiatan PSG
            Kegiatan PSG bertujuan untuk membekali siswa dengan pengalaman langsung dari berbagai kegiatan yang direncanakan dalam berbagai kegiatan dalam perusahaan atau industri, sehingga siswa dapat menerapkan apa yang diperolehnya dibangku sekolah agar sesuai dengan tuntutan yang dibutuhkan didunia industri.
1.      Secara Umum
Secara umum pelaksanaan PSG:
Penerapan dan pengembangan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki selama belajar diperusahaan/dunia kerja.
2.      Secara Khusus
a.       Membekali siswa dengan pengalaman kerja sebenarnya didalam dunia kerja dan masyarakat.
b.      Memantapkan keterampilan siswa yang diperoleh dari latihan praktek di sekolah.
c.       Menetapkan disiplin dan rasa tanggung jawab dan sikap profesional dalam bertugas.
d.      Memperoleh umpan balik dari dunia kerja untuk pemantapan dan pengembangan program pendidikan
e.       Memperoleh pengalaman dan perluasan terhadap ilmu-ilmu di tempat PSG yang belum dikenal oleh siswa.
f.       Membekali siswa dengan pengalaman kerja yang sebenarnya.
g.      Mendorong siswa supaya dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya.
3.      Adapun dasar dari pelaksanaan PSG
1.       Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menegah (Lembaran Negara Tahun 1990 Nomor 37, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3414) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor  56 Tahun 1998 (Lembaran Negara Tahun 1998 Nomor 91).
2.       Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Nomor 080/U1990 tentang Kurikulim Sekolah Menengah kejuruan.
3.       Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Nomor 323/U/1999 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.

C.         Manfaat Kegiatan PSG
       Manfaat kegiatan PSG antara lain:
1.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan semangat kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2.      Memperkokoh hubungan sekolah dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha.
3.      Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
4.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5.      Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman di era Teknologi Informasi dan Komunikasi.

D.     Waktu dan Tempat PSG
Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) berlangsung selama kurang lebih satu bulan (30 hari) terhitung dari tanggal 02 Maret 2015 sampai dengan 09 April 2015. Pada pelaksanaan PSG kali ini bertempat pada sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang Telekomunikasi yaitu pada PT.Telkom Indonesia (WITEL Jabar Selatan) yang beralamatkan Jl. Mesjid No. 17 Kota Sukabumi.

BAB II
GAMBARAN UMUM
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA. Tbk

A.           Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
           PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. atau dikenal dengan PT. Telkom adalah perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi dengan produk unggulannya adalah Telepon Jaringan (Telepon Rumah Telkom dan Telepon tanpa Jaringan Wireless FLEXI). Adapun sejarah singkat PT. Telkom adalah sebagai berikut:
1.       Era Kolonial
     Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telephone (PTT).
2.       Perusahaan Negara
     Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN. Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN. Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN. Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN. Telekomunikasi).
3.       Perumtel
     Pada tahun 1974, PN. Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT. Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.


4.       PT. Telkom (Persero)
     Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
5.       PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
     Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo. Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomukikasi Indonesia.

B.       Visi dan Misi TELKOM
        PT. Telkom Indonesia memiliki visi yaitu To become a leading Telecommunication, Information,  Media, Edutainment and Services (TIMES) player in the region Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan Telekomunikasi  terkemuka  dalam bidang kinerja finansial, pasar dan operasional di kawasan Asia.
PT. Telkom Indonesia memiliki misi yaitu:
1.         Menyediakan layanan “more for less” TIMES.
2.         Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
3.         Memberikan layanan terbaik dan berkualitas, untuk kemudahan bagi pelanggan dengan harga yang kompetitif .
4.         Memaksimalkan “Nilai Perusahaan” melalui ekspansi dan pengembangan portofolio di bidang adjacent industries telekomunikasi.
5.         Menjadi perusahaan holding strategis demi pertumbuhan tinggi dan sinergi melalui anak-anak perusahaan dan unit bisnis strategis.
6.          Menjadi kontributor pendapatan yang utama bagi pemegang saham.

C.           Logo PT. Telkom
            Logo baru TELKOM mencerminkan brand positioningLife Confident” dimana keahlian dan dedikasi akan diberikan bagi semua pelanggan untuk mendukung kehidupan mereka dimanapun mereka berada. Brand positioning ini didukung oleh “service culture” baru yaitu: expertise, empowering, assured, progressive dan heart. Sekilas logo bulat dengan siluet tangan terkesan simpel. Simplifikasi logo ini terdiri dari lingkaran biru yang ada di depan tangan berwarna kuning. Logo ini merupakan cerminan dari “brand value” baru yang selanjutnya disebut dengan “Life in Touch” dan diperkuat dengan tag line baru pengganti “committed 2U” yakni “the world is in your hand”. Untuk lebih mengenal logo ini, ada baiknya kita memaknai arti dari simbol-simbol tersebut.
Gambar 1. Logo Telkom
1.      Expertise: makna dari lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu “TIMES” (Telecommunication, Information, Media, Edutainment and Services).
2.      Empowering: makna dari tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.
3.      Assured: makna dari jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat.
4.      Progressive: kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
5.      Heart: simbol dari telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.
Selain simbol, warna-warna yang digunakan adalah:
a.       Expert Blue pada teks Telkom melambangkan keahlian dan pengalaman yang tinggi.
b.      Vital Yellow pada telapak tangan mencerminkan suatu yang atraktif, hangat, dan dinamis.
c.       Infinite sky blue pada teks Indonesia dan lingkaran bawah mencerminkan inovasi dan peluang yang tak berhingga untuk masa depan.

D.           Bidang Pekerjaan dan Produk yang dihasilkan
1.      Bidang Pekerjaan
       Jasa yang disediakan Telkom dibagi menjadi dua kelompok, jasa Telekomunikasi dasar dan non jasa Telekomunikasi dasar. Pengelompokan inipun belum dilaksanakan secara tegas, mengingat teknologi komunikasi dan informasi berkembang dengan pesat. Bisnis utama Telkom saat ini adalah menyediakan Public Switch Telephone Network (PSTN) dan menyelenggarakan jasa melalui PSTN.
       Jenis jasa telekomuniksi yang sudah beroperasi sampai sekarang ini adalah:
a.       Telepon dalam Negeri (lokal dan SLJJ)
b.      Jasa interkoneksi kepada penyelenggara telekomunikasi
c.       Jasa telepon bergerak seluler (Flexi)
d.      Jasa Internet (Telkomnet Instan dan Speedy)
e.       Jasa lainnya (Vallue Added Service)
   Jasa telepon dalam negeri merupakan layanan jasa utama PT.Telkom yang memberikan pendapatan terbesar, tetapi untuk sekarang ini jasa telepon luar negeripun merupakan pendapat Telkom lainnya. Komposisi pendapat layanan jasa utama ini meliputi: Pasang baru telepon, biaya abodemen (langganan) bulanan dan biaya pemakaian telepon untuk panggilan lokal, interlokal/SLJJ dan SLI. Dari catatan tahun-tahun yang lalu, ternyata kontribusi terbesar berasal dari biaya pemakaian telepon. Pelayanan jasa telepon dalam negeri ini juga termasuk penyediaan layanan telekomunikasi untuk umum seperti Wartel, Telepon umum coin (TUC), telepon umum kartu (TUK), dan telepon umum pelanggan (TUP).
Untuk telepon umum coin sampai saat ini masih dikelola oleh Telkom. Sedangkan untuk pendirian telepon umum pelanggan terlebih dahulu Telkom memberikan penawaran kepada masyarakat siapa yang mau mendirikan telepon umum pelanggan tersebut. Dan dalam hal pemasangan telepon umum pelanggan dini dituntut biaya pemasangannya, dengan sistem bagi hasil (Sharing), sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan tidak ada yang dirugikan. Disamping mendapatkan pendapatan dari pelanggan untuk jasa telepon dalam negeri, Telkom juga memperoleh pendapatan interkoneksi dari penyelenggaran Telekomunikasi lainnya, seperti dari penyelenggaraan Telekomunikasi internasional dan STBS (Sistem Telepon Bergerak Seluler).
Pendapatan interkoneksi antara lain diperoleh dari PT. INDOSAT dan SATELINDO. Selain pendapatan interkoneksi Telkom juga berpartisispasi dalam menyelenggarakan STBS, melalui usaha patungan ataupun dengan pola bagi hasil. Sementara itu penyewa Stansponder satelit mulai tahun 1996 beralih kepada satelindo, namun Telkom terus melakukan pelayanan jasa stasiun bumi untuk hubungan telekomunikasi melalui sistem satelit komunikasi.

2.      Serpo (Service point)
       Pada kegiatan yang dilakukan ini adalah menerima pengaduan gangguan dari pelanggan baik yang datang ke Plasa maupun melalui telepon ke bagian pengaduan. Data-data yang harus diperoleh dari pelanggan antara lain: Nama, Alamat, Jenis Gangguan. Kemudian data-data itu dimasukkan ke SISKA untuk diproses.
3.      PSB Wireline
   Pelanggan yang ingin berlangganan telepon rumah dan data-data yang diperlukan PT. Telkom untuk meng-input data, pelanggan harus mengisi dan memberikan foto copy KTP, materai dan administrasi untuk biaya pasang telepon dirumah.

4.      PSB Speedy
   Pelanggan yang ingin berlangganan Speedy (internet) di rumah dan data-data yang diperlukan PT. Telkom untuk menginput data, pelanggan harus mengisi dan memberikan foto copy KTP, dan administrasi untuk biaya pasang speedy dan pemasangan speedy pelanggan sebaiknya memiliki telepon rumah. Tetapi Pelanggan bisa memilih paket speedy yang telah disedikan oleh Telkom.

5.      Bundling
       Pelanggan yang ingin berlangganan telepon rumah dan speedy secara bersamaan dan data-data yang diperlukan telkom untuk menginput data, pelanggan harus mengisi formulir dan memberikan foto copy KTP, materai dan administrasi untuk biaya pasang speedy dan telepon rumah.

6.      Cabut APS (Atas Permintaan Sendiri)
       Cabut APS adalah pencabutan sambungan telepon atas permintaan pelanggan karena sesuatu hal seperti: Rumah kosong, Pindah Rumah, Rumah dijual, Tarif mahal, Tagihan terlalu besar, Faktor ekonomi atau ganti dengan Telkom Flexi.
       Adapun syaratnya antara lain:
a. Foto Copy KTP pelanggan yang masih berlaku.
b. Bukti Pembayaran/Rekening telepon terkakhir.
c. Mengisi dan menandatangani Formulir yang telah disediakan.


    7.    Pendaftaran Point Reword (TRRT)
             Pada kegiatan ini yang dilakukan adalah membantu pendaftaran pelanggan yang akan mendaftarkan nomor telepon rumahnaya untuk mengikuti Point Reword (TRRT).  Data-data yang harus diperoleh untuk pendaftaran Point Reword: foto copy KTP dan pembayaran Rekening telepon akhir. Setelah pencatatan untuk pendaftaran, kita jelaskan kepada pelanggan bagaimana cara pengumpulan poin-poin, agar setiap poin-poin bertambah dan memilih hadiah secara langsung atau secara diundi. Setelah selesai pelanggan yang mengikuti program TRRT formulir yang sudah di isi di input ke CCS untuk proses lebih lanjut.

   8.    Plasa
          Membantu SAS bagian plasa, dalam memberikan nomor antrian, arahan, dll. Mempromosikan Gebyar Berhadiah TELEPON RUMAH REJEKI TUMPAH (TRRT) Mempromosikan produk-produk Telkom (HP CDMA FLEXI, PSB SPEEDY, PSB WIRELINE).

   9.    Sales Retention OBC Speedy
             Penawaran speedy kepada setiap pelanggan yang sudah memiliki telepon rumah untuk menggunakan internet di rumah. Penawaran dilakukan melewati telepon.

  10.   Penginputan TRRT                              
        Penginputan formulir yang sudah di isi di input ke dalam CCF, yang sudah di isi dengan jelas oleh pelanggan yang mendaftarkan untuk mengikuti Program Hadiah Telkom.




  11.   MDF (Main Distribution Frame)
       Berikut ini adalah sebagian fungsi dari MDF, antara lain:
1.  Memantau pelaksanaan penyesuaian gangguan dan mencetak kesimpulan atas hasil yang dicapai sebagai bahan pemeriksaan dan laporan.
2.  Mengoperasikan dan memelihara perangkat meja ukur sebagai alat ukur untuk menanggulangi gangguan.
3.   Mengerjakan, merawat, dan menyimpan kartu langganan untuk keperntingan mutasi-mutasi, pengaduan, pengukuran, perbaikan-perbaikan, dan penyambungan telepon.
4.  Mengadakan pengukuran saluran secara rutin.
5.  Melaksanakan penyambungan dan pemutusan saluran MDF sesuai dengan prosedur yang berlaku.

12.      SISKA (Sistem Informasi Kastamer)
          Sistem Informasi Kastamer (SISKA) suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen pelanggan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi yang mengakibatkan bertambahnya para pelanggan telkom, maka dirasa perlu ada aplikasi baru sebagai inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap pelanggan terutama pelanggan pada Cluster Corporate dan bisnis disamping tidak mengabaikan pelayanan prima kepada pelanggan Residensial dan Sosial.
          SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi operasional keuangan perusahaan. Sementara mereka yang berhak untuk mengakses data-data SISKA hanya dikhususkan untuk Karyawan TELKOM, Manfaat SISKA antara lain sebagai berikut:
1.      Meningkatkan mutu pelayanan data jaringan.
2.      Pemrosesan alamat billing yang cepat dan akurat.
3.      Pengumpulan tagihan yang cepat dan akurat.
4.      Optimalisasi petugas jaringan.

13.  COC (Control Operational Center)
       COC data yang hampir sama dengan SISKA namun COC juga mengambil data dari SISKA, yang berguna untuk mengontrol menejemen Se-Indonesia secara online (dari internet).

   14.  Gangguan
       Pada bagian gangguan, proses kerjanya adalah memproses dan melaporkan ke petugas lapangan sesuai dengan sektornya.

E.           Kedisiplinan
1.      Kewajiban karyawan, antara lain:
a.       Mengutamakan kepentingan perusahaan diatas kepentingan golongan dan pribadi.
b.      Menyimpan rahasia negara, perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung.
c.       Melaksanakan ketentuan perusahaan dengan sebaik-baiknya.
d.      Bekerja dengan jujur, tertib dan sopan serta penuh dengan rasa tanggung jawab dan bersemangat untu kepentingan perusahaan.
e.       Mentaati perintah instruktur atau pejabat yaang berwenang sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
2.  Larangan setiap karyawan, antara lain:
a.       Melakukan tindakan kejahatan antara lain berupa penggelapan, pencurian, penipuan, pemalsuan, dan jenis lainnya.
b.      Melakukan penganiayaan, penghinaan secara kasar, tindak kekerasan mengancam pimpinan perusahaan dan karyawan.
c.       Menyuruh atau membujuk ikut serta dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum/ kesusilaan terhadap pimpinan perusahaan.
d.      Menggunakan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi.

F.           Struktur Organisasi Telkom WITEL Jabar Selatan
          Struktur organisasi adalah suatu kerangka dasar yang menunjukkan hubungan yang jelas antara satu bidang dengan bidang lain. Suatu organisasi yang baik akan menimbulkan keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam bekerja agar didapat tenaga kerja yang terampil, efisien dan kreatif. Setiap perusahaaan akan memilki struktur kepegawaian yang berfungsi untuk menempatkan suatu karyawan sesuai dengan bidang keahlinya masing- masing dengan tujuan supaya karyawan tersebut dapat bekerja lebih efisien sehingga dapat menunjang hasil produksi perusahaan dengan lebih baik.
Berikut adalah Struktur Organisasi Telkom WITEL Jabar Selatan:

Gambar 2. Struktur Organisasi Telkom WITEL Jabar Selatan


BAB III
Penggunaan Norton Ghost Untuk Backup dan Restore

A.       Pengertian Singkat Norton Ghost
   Norton Ghost adalah salah satu aplikasi untuk membackup dan restore data hardisk ke hardisk atau media lain. Ghost juga memiliki fitur kompatibel dengan hardware terbaru seperti kemampuan mengcopy pada SATA Device serta tambahan untuk melakukan backup dan restore melalui networking (LAN). Norton Ghost juga merupakan sebuah program backup yang berfungsi untuk membuat salinan file, folder atau partisi sekalipun ke tempat lain yang telah ditentukan, bisa flashdisk, atau hardisk lainnya. Perbedaan antara Ghost dan install manual adalah, Ghost sudah langsung siap pakai (termasuk aplikasi yang sudah diinstal, driver, dan program-program lainnya) sementara proses instal manual harus mendeteksi pheriperal-pheriperal yang ada dan melalui berbagai proses terlebih dahulu. Proses Ghost juga jauh lebih cepat daripada instal biasa, karena tidak dibutuhkan proses deteksi pheriperal-pheriperal sebelumnya.
B.         Membuat File Image Ghost (Data Backup)
          Backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.
Berikut ini langkah-langkah membuat File Image Ghost melalui Hiren’s BootCD:
1.         Masukkan Hiren’s Boot Flashdisk USB atau Hiren’s BootCD sesuai dengan preferensi Anda. Di sini penulis menggunakan USB Toshiba TransMemory berkapasitas 16 GB untuk menyimpan Hiren’s BootCD.
2.        Langkah selanjutnya, Restart laptop atau PC anda, kemudian masuk BIOS atau Fast Boot dengan cara menekan tombol DEL/F2/F8/F9/F12 sesuai dengan laptop atau PC anda. Di sini penulis menggunakan laptop tipe Acer Aspire 4738 Fast Bootnya menekan tombol F12, jika sudah memasuki menu BOOT maka muncul Boot Option Menu, kemudian pilih “USB HDD Toshiba TransMemory”.

Gambar 3. Tampilan Boot Menu

3.      Jika sudah memilih “USB TransMemory”, maka akan muncul tampilan Menu Hiren’s BootCD 15.2, kemudian pilih “Mini Windows XP” lalu Enter.

Gambar 4. Menu Hiren’s BootCD 15.2


4.      Setelah masuk Desktop Mini Windows XP, kemudian pilih HBCD Menu>Program >Backup>Ghost (Opotional>Ghost 32>OK.

Gambar 5. Tampilan sesudah memasuki Ghost 11.5

5.      Pilih Menu>Local>Partition>To Image untuk menyimapan partisi ke dalam sebuah File Image, atau Menu>Local>Disk>To Disk untuk hardisk ke hardisk. Di sini penulis menggunakan Partition>To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah File Image.

Gambar 6. Tampilan saat memilih Menu

6.      Pilih Hardisk fisik yang akan dibackup, biasanya Windows ada pada LOCAL, Drive (1) kemudian tekan “OK”.

Gambar 7. Lokasi Hardisk berisikan Sistem Operasi

7.      Pilih Partisi Hardisk yang akan dibackup, biasanya Windows ada pada “Primary Drive” kemudian pilih “OK”.

Gambar 8. Lokasi partisi Sistem Operasi
8.     Tentukan Partisi Hardisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan File Image Ghost. Beri nama pada file, misalnya “win 8 1” kemudian klik “SAVE”. Perhatikan bahwa Hardisk ditulis dalam urutan seperti berikut; D:1.2:[DATA] FAT, artinya adalah:
D: = Drive D:
1.2: = merupakan Hardisk Fisik Pertama Partisi Kedua.
[DATA] = label DATA FAT =  File System FAT32.
Di sini penulis menyimpan File Image pada [DATA] NTFS Drive.

Gambar 9. Lokasi penyimpanan File Image Ghost

9.        Selanjutnya akan muncul dialog kompresi File Image, pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut:
NO = Pilih ini jika tidak ingin mengubah File Image dari ukuran File Windows yang sebenarnya.
FAST = Pilihan kompresi cepat, hasilnya 30% dari ukuran File yang sebenarnya.
HIGH = Pilihan kompresi tinggi, hasilnya 60% dari ukuran File yang sebenarnya, walaupun prosesnya lambat.
Di sini penulis menggunakan pilihan kompresi File Image “HIGHagar hasilnya maksimal.
Gambar 10. Dialog kompesi File Image Ghost

10.    Ketika muncul kotak dialog “Proceed with partition creation?” pilih “YES”.

Gambar 11. Kotak dialog

11.    Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul Image Box “Image Creation Completed Successfully”, kemudian pilih “Contineu”.
Gambar 12. Proses pembuatan berhasil

12.    Sampai di sini penulis sudah mempunyai File Image dari Sistem Operasi yang dapat digunakan sewaktu-waktu saat akan melakukan Restorisasi.




C.    Restorisasi Menggunakan File Image Ghost
       Sistem restore adalah proses pengembalian data jika Sistem Operasi mengalami kerusakan.
Berikut adalah langkah-langkah mengembalikan data (Restore) menggunakan Norton Ghost melalui Hiren’s BootCD:

1.      Masukkan Hiren’s Boot Flashdisk USB atau Hiren’s BootCD sesuai dengan preferensi Anda. Di sini penulis menggunakan USB Toshiba TransMemory berkapasitas 16 GB untuk menyimpan Hiren’s BootCD.
2.      Restart laptop atau PC anda, kemudian masuk BIOS atau Fast Boot dengan cara menekan tombol DEL/F2/F8/F9/F12 sesuai dengan laptop atau PC anda. Di sini penulis menggunakan laptop tipe Acer Aspire 4738 Fast Bootnya menekan tombol F12, jika sudah memasuki menu BOOT maka muncul Boot Option Menu, kemudian pilih “USB HDD Toshiba TransMemory”.

Gambar 13. Tampilan Boot Menu

3.        Jika sudah memilih “USB TransMemory”, maka akan muncul tampilan Menu Hiren’s BootCD 15.2, kemudian pilih “Mini Windows XP” lalu Enter.

Gambar 14. Menu Hiren’s BootCD 15.2

4.      Setelah masuk Desktop Mini Windows XP, kemudian pilih HBCD Menu>Program >Backup>Ghost (Opotional>Ghost 32>OK.

Gambar 15. Tampilan sesudah memasuki Ghost 11.5

5.             Pilih Menu>Local>Partition>From Image untuk merestore Sistem Operasi di dalam sebuah File Image Ghost, atau Menu>Local>Disk>From Image untuk menggabungkan semua partisi menjadi satu partisi Primary. Di sini penulis menggunakan Partition>From Image untuk merestore Sistem Operasi di dalam File Image ghost.

Gambar 16. Tampilan saat memilih Menu

6.      Cari tempat lokasi penyimpanan File Image Ghost atau data backup disimpan, untuk format Image Ghost adalah .GHO.

Gambar 17. Lokasi File Image Ghost (Data Backup)

7.      Pilih partisi di mana tempat penyimpanan File Image Ghost disimpan, kemudian tekan “OK”.

Gambar 18. Lokasi File Image disimpan

8.      Pilih destinasi penyimpanan yang akan direstore Sistem Operasi menggunakan File Image ghost sebelumnya.

Gambar 19. Pilihan destinasi penyimpanan

9.        Pilih partisi yang akan dibackup, untuk penyimpanan Sistem Operasi harus pada posisi partisi “Primary” atau Utama.

Gambar 20. Posisi partisi Utama

10.  Tahap selanjutnya akan muncul kotak dialog “Proceed with partition restore? Destination partition will be permanently overwritten” pilih “YES” untuk menjalankan proses restorisasi Sistem Operasi, kemudian tunggu hingga proses selesai, jika proses selesai maka akan muncul kotak dialog “Restart computer now?” pilih “YES” untuk reset computer.

Gambar 21. Kotak dialog proses restorisasi

11.  Sampai di sini proses restorisasi sudah selesai, dan komputer sudah siap digunakan tanpa harus mendeteksi pheriperal-pheripheral, aplikasi, program-program, dan driver.


BAB IV
PENUTUP

A.         Kesimpulan
       Dari penelitian ini bisa di ketahui bahwa dengan menggunakan Norton Ghost adalah membackup data secara penuh untuk memudahkan dalam suatu pekerjaan. Jika ada data atau file asli bermasalah, maka anda masih punya cadangan data. Norton ghost ini adalah cara yang lebih praktis dan menghemat waktu karena dapat menginstal Sistem Operasi ke beberapa komputer hanya dengan hitungan menit saja.  Lebih mudah dalam melakukan maintenance atau perawatan  komputer yang terhubung dengan jaringan, dan lebih menghemat waktu. Tangguh dalam masalah jaringan, karena jika satu komputer terkena virus, maka cukup instal ulang Windows dengan Cloning melalui jaringan.

B.     Saran
   Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang di miliki, namun walau demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun, Adapun saran tersebut antara lain:
a.       Sekolah hendaknya menyiapkan siswa sebelum paktek di dunia usaha dan industri.
b.      Adanya kerjasama yang baik antara sekolah dan dunia usaha dan industry sehingga terjadi sinkronisasi materi yang diajarkan di sekolah dan proses bimbingan di tempat praktek.
c.       Sarana dan prasarana harus di lengkapi & sarana komputernya lebih di optimalkan serta di lengkapi.
d.     Bagi karyawan, dapat berangkat sesuai jam kerja yang telah di tentukan.
e.      Bagi pembimbing, jika menyampaikan atau mengajarkan tentang suatu materi harus dengan jelas agar lebih mudah di pahami oleh siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Telkom WITEL Jabar Selatan
Buku Panduan PSG

 


1 komentar: